Program Studi S1 Farmasi

MENGAPA HARUS MEMILIH PROGRAM STUDI INI

Profil atau Karakteristik Lulusan Program Studi S1 Farmasi,
Lulusan Prodi Farmasi STIKes Mitra Bunda Persada Batam diharapkan mempunyai kompetensi sebagai berikut:

  • Kemampuan mengenali, mengamati melakukan pendekatan dan memecahkan masalah dalam ilmu kefarmasian.
  • Pengetahuan yang cukup untuk mengembangkan kreativitas dan kemampuan inovatif ilmiah dalam penelitiannya.
  • Dasar yang cukup untuk melanjutkan ke tingkat pendidikan yang lebih tinggi.
  • Kemampuan mengadakan, mengembangkan, menyediakan dan mengendalikan mutu sediaan farmasi serta memahami manfaat klinisnya.
  • Kemampuan menganalisis, memeriksa kemurnian dan menetapkan kadar obat yang digunakan dalam peracikan.
  • Kemampuan mengidentifikasi dan menganalisis makanan dan zat tambahan pada makanan serta bahan beracun dalam makananan.
  • Keahlian tentang stabilitas sediaan farmasi dan persyaratan penyimpanannya. Di samping itu juga memahami cara pemberian, pelepasan zat aktif dari sediaan, absorsi dan disposisisnya serta pengaruh interaksi faktor-faktor tersebut pada kerja awal, intensitas dan lama khasiat obat.
  • Kemampuan mengulas publikasi ilmiah, membuat ringkasan, mengartikan data dan menarik kesimpulan serta mengambil manfaat praktis dari suatu penemuan dalam hubungannya dengan penggunaan klinis sediaan farmasi.
  • Kemampuan bertindak secara bertanggungjawab dalam lingkungan masyarakat.

 

VISI PRODI

Menghasilkan Tenaga Kefarmasian yang Profesional Khususnya Dalam Bidang Farmasi Klinis dan Komunitas, Mampu Bersaing di Tingkat Nasional yang di Dasari IMTAQ yang Kokoh dan Menguasai Perkembangan IPTEK pada Tahun 2029.

 

MISI PRODI

  1. Melaksanakan kegiatan pendidikan yang mampu menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas di bidang kefarmasian khususnya dalam bidang farmasi klinis dan komunitas.
  2. Melaksanakan kegiatan penelitian dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya dalam bidang farmasi klinis dan komunitas.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat melalui pemberian informasi obat.

 

TUJUAN PRODI

Program Pendidikan Sarjana Farmasi bertujuan menghasilkan lulusan yang memiliki kualifikasi:

  1. Menguasai dan menerapkan dasar-dasar ilmu pengetahuan dan teknologi bidang kefarmasian khususnya dalam bidang farmasi klinis dan komunitas.
  2. Mampu berfikir, bersikap, berprilaku dan bertindak secara ilmiah dalam menerapkan ilmu yang dikuasainya.
  3. Bertanggung jawab, bersifat terbuka, tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan tekologi serta masalah-masalah yang dihadapi masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan bidang farmasi klinis dan komunitas.

MANFAAT Program Studi

a. Pendidikan
Menyelenggarakan proses pembelajaran secara kreatif dengan kurikulum yang berorientasi pada kebutuhan masyarakat sesuai dengan perkembangan IPTEK.

b. Penelitian
Menyelenggarakan dan mengembangkan kajian ilmiah yang berorientasi pada kebutuhan masyarakat dalam bidang formulasi dan pemanfaatan bahan alam khususnya yang berasal dari kelautan sebagai obat.

c. Pengabdian pada masyarakat
Menyelenggarakan kegiatan pelayanan secara produktif berkesinambungan kepada masyarakat tentang pemanfaatan bahan alam sebagai obat serta membantu masyarakat dalam penanggulangan penggunaan obat yang salah dan berbahaya.

d. Masyarakat dan Bangsa
Sebagaimana telah diuraikan di atas, manfaat utama dari berdirinya Program Studi Farmasi ini adalah akan terisinya lapangan pekerjaan dalam Farmasi oleh tenaga ahli yang memang terampil dan kompeten dalam bidangnya. Dengan adanya program studi ini, maka masyarakat di Kawasan Riau Kepulauan pada khususnya dan Bangsa Indonesia pada umumnya dapat memperoleh tenaga ahli farmasi yang dapat melakukan pelayanan kefarmasian dengan baik.

 

SKS DAN BEBAN STUDI

Dalam mencapai jenjang kualifikasi pendidikan di Program Studi S1 Farmasi STIKes Mitra Bunda Persada adalah dengan menempuh satuan kredit sebanyak 144 sks masa studi untuk program sarjana terdistribusi di tempuh dalam waktu 8 semester dan sebanyak-banyaknya 12 semester.

 

KLASIFIKASI MATA KULIAH

Adapun Kurikulum yang ditempuh Sebagai mana tertera pada PP nomor 19 tahun 2005 pasal 9  dan Kepmendiknas nomor 232/U/2000 tentang pedoman penyusunan kurikulum pendidikan tinggi dan penilaian hasil belajar mahasiswa. Kurikulum inti program sarjana terdiri  atas kelompok:

1)  Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK)
MPK yang merupakan kelompok bahan kajian dan pelajaran untuk mengembangkan manusia Indonesia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi luhur berkepribadian mantap dan mandiri serta mempunyai rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.

2)  Mata Kuliah Keilmuan Dan Keterampilan (MKK)
MKK adalah kelompok bahan kajian dan pelajaran yang ditujukan terutama untuk memberikan landasan penguasaan ilmu dan keterampilan tertentu.

3)  Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB)
Mata kuliah Keahlian Berkarya (MKB) adalah kelompok bahan kajian dan pelajaran yang bertujuan menghasilkan tenaga ahli dengan kekaryaan berdasarkan dasar ilmu dan keterampilan yang dikuasai.

4)  Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB)
MBP adalah kelompok bahan kajian pelajaran yang bertujuan untuk mmbuat sikap dan perilaku yang diperuntukkan seseorang dalam berkarya menurut tingkat keahlian berdasarkan dasar ilmu dan keterampilan yang dikuasai.

5)  Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB)
MBB adalah kelompok bahan kajian dan pelajaran yang diperlukan seseorang untuk dapat memahami kaidah berkehidupan bermasyarakat sesuai dengan pilihan keahlian dan berkarya.

 

PELAKSANAAN PENYELESAIAN TUGAS AKHIR

Kemampuan mengaplikasikan teori yang didapat di bangku kuliah untuk menangani atau memecahkan permasalahan praktis dengan menyusun Skripsi baik  melalui penelitian maupun praktek kerja berdasarkan minat peserta didik dalam ruang lingkup kefarmasian dengan bimbingan dosen

Riset farmasi yang mewajibkan mahasiswa untuk mengidentifikasi masalah obat-obatan sesuai dengan trend dan issu farmasi klinis dan komunitas yang harus diselesaikan dengan penelitian, membuat proposal penelitian, melakukan penelitian dan membuat laporan penelitian dengan menggunakan metedologi penelitian.

 

->>Informasi Biaya Pendidikan<<-