Program Studi D III Keperawatan

MENGAPA HARUS MEMILIH PROGRAM STUDI INI

Profil lulusan Prodi D-III Keperawatan mampu :

  1. Menerapkan konsep dan prinsip etika keperawatan.
  2. Menerapkan pendekatan proses keperawatan.
  3. Mengkonsultasikan penanganan pasien terhadap tim.
  4. Melaksanakan tindakan pengobatan sebagai hasil kolaborasi.
  5. Melaksanakan tindakan dignostik dan tindakan khusus sebagai hasil kolaborasi.
  6. Melaksanakan asuhan keperawatan pada pasien dengan gannguan pemenuhan kebutuhan oksigen, gannguan pemenuhan kebutuhan cairan dan elektrolit, gangguan pemenuhan kebutuhan nutrisi, gangguan pemenuhan kebutuhan eliminasi urin dan fecal, gannguan pemenuhan kebutuhan rasa aman dan nyaman, gannguan mobilisasi dan transportasi, gangguan istirahat tidur.
  7. Melaksanakan asuhan keperawatan pada pasien terminal, pada pasien menjelang ajal, pasien pre dan post operasi, pasien gawat darurat, pada anak sehat, anak sakit, bayi risiko tinggi.
  8. Melaksanakan asuhan keperawatan pada ibu hamil normal dan komplikasi, intranatal dan bayi baru lahir, ibu postpartum normal dan komlikasi, masalah kesehatan reproduksi, pasien masalah psikososial.
  9. Melaksanakan asuhan keperawatan pada pasien gangguan kesehatan jiwa.
  10. Melaksanakan asuhan keperawatan komunitas.
  11. Melaksanakan asuhan keperawatan pada pasien dengan kelompok khusus (anak sekolah, remaja, pekerja, dan lansia).
  12. Melaksanakan asuhan keperawatan pada keluarga.
  13. Berperan serta dalam penelitian dan pengembangan keperawatan.

 

VISI PRODI

Menjadi Prodi D-III Keperawatan yang unggul dan terdepan dalam penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi Bidang Ilmu Keperawatan gawat darurat secara nasional pada tahun 2029.

 

MISI PRODI

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dan berkelanjutan berbasis kompetensi bagi sumber daya manusia keperawatan dalam rangka Menghasilkan Lulusan Perawat D-III Keperawatan yang handal, memiliki moral yang tinggi dan profesional dengan keunggulan keperawatan gawat darurat
  2. Menyelenggarakan tata kelola yang baik (Good University Govenance) dan menerapkan sistem manajemen mutu secara profesional
  3. Menyelenggarakan penelitian dasar dan terapan untuk menunjang perkembangan ilmu keperawatan
  4. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatan pengetahuan dan derajat kesehatan masyarakat
  5. Mengembangkan kerja sama dan kemitraan dengan stakeholder dalam rangka mendukung kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dengan berbagai instansi dalam pendayagunaan lulusan

TUJUAN PRODI

  1. Memiliki lulusan yang profesional.
  2. Terwujudnya kualitas layanan perawat vokasional yang bermutu.
  3. Terwujudnya inovasi bidang keperawatan melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
  4. Terwujudnya sistem manajemen infrastruktur keperawatan yang efektif dan efisien.
  5. Terjalinnya kemitraan bidang keperawatan dengan berbagai lembaga dan masyarakat berdasarkan asas kerjasama saling menguntungkan.
  6. Menghasilkan lulusan yang dapat berperan pada tingkat nasional.

 

SKS

Tahap  akademik 114 SKS.

 

BEBAN STUDI

Tahap akademik 6 semester.

 

KLASIFIKASI MATA KULIAH

Kurikulum inti program D-III Keperawatan terdiri  atas kelompok:

  • Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK)

MPK yang merupakan kelompok bahan kajian dan pelajaran untuk mengembangkan manusia Indonesia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi luhur berkepribadian mantap dan mandiri serta mempunyai rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.

  • Mata Kuliah Keahlian Dan Keterampilan (MKK)

MKK adalah kelompok bahan kajian dan pelajaran yang ditujukan terutama untuk memberikan landasan penguasaan ilmu dan keterampilan tertentu.

  • Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB)

Mata kuliah Keahlian Berkarya (MKB) adalah kelompok bahan kajian dan pelajaran yang bertujuan menghasilkan tenaga ahli dengan kekaryaan berdasarkan dasar ilmu dan keterampilan yang dikuasai.

  • Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB)

MBP adalah kelompok bahan kajian pelajaran yang bertujuan untuk mmbuat sikap dan perilaku yang diperuntukkan seseorang dalam berkarya menurut tingkat keahlian berdasarkan dasar ilmu dan keterampilan yang dikuasai.

  • Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB)

MBB adalah kelompok bahan kajian dan pelajaran yang diperlukan seseorang untuk dapat memahami kaidah berkehidupan bermasyarakat sesuai dengan pilihan keahlian dan berkarya.

 

PELAKSANAAN PENYELESAIAN  TUGAS  AKHIR

Riset keperawatan yang mewajibkan mahasiswa untuk mengidentifikasi masalah keperawatan sesuai dengan trend dan issu keperawatan yang harus diselesaikan dengan penelitian, membuat proposal penelitian, melakukan penelitian dan membuat laporan penelitian dengan menggunakan metedologi penelitian.

 

->>Informasi Biaya pendidikan<<-